SARIN TIING ( PIPET BAMBU)

I B KD BAYU SUARDIKA 10 Juli 2019 10:43:54 WITA

selasa,2/7/19 kemaren.

INOVASI DESA.

di desa kayuputih, kecamatan banjar, kabupaten buleleng. dimana telah di selenggarakan oleh dinas kabupaten buleleng, dan dinas provinsi bali, kasi pembanguan kecamatan,yang mana di buka oleh perbekel desa kayuputih I MADE SUDIARTA, dan di lanjutkan oleh Tim litbang provinsi bali.

Perbekel Kayuputih I MADE SUDIARTA mengampaikan bahwa, di desa kayuputih kecamatan banjar, ada sebuah inovasi desa yang sangat-sangat perlu untuk di pasarkan yaitu SRIN TIING, dimana usaha kecil berupa pembuatan pipet yang terbuat dari batang bamboo yang di buat oleh KADEK SUBAGIA sesuai dengan perbub bali untuk mengurangi timbunan sapah plastik se klai pakek.SARIIN TIING ( sedotam Bambu ) memiliki keunggulan yang bisa di gunakan berulang-ulang ( reusable) dan sangat mudah untuk di bersihkan dan tidak menggunakan perawatan khusus.

KADEK SUBAGIA yang selaku pelaku utama yang merintis usaha ini menyampaikan bahawa, SARIN TIING berasal dari suku kata Sarin dan Tiing, sarin adalah kata yang berasal dari Bahasa Bali yang berarti”isi mautama” ( isi yang utama) dan Tiing dianalogikan isin awake sane mautama ( isi raga yang utama adalah kehidupan) Sarin Tiing mengandung makna “ Sumber Kehidupan” , Semua ynag hidup berawal dari bumi akan kembali ke bumu manjadi sebuah gambaran filosofi kita sebagai manusia dalam proses ratai kehidupan, beguitu pula bambu yang tumbuh di alam menunjang tunggi kelanghit dan merunduk kebumi menjadi sebuah batasan bambu untuk tumbuh lebih tinggi. Disamping itu Sarin Tiing juga memiliki slogam “ NO MORE PLASTIC, SAVE OUR EARTH” yang dijdikan motto usaha.

di himbau dari tim provinsi ( Bapak Nyoman Subagia ) kalau bisa produk ini agar di tingkatkan kembali, agar mudah di pasarkan, dari tim penilai sangat-sangat mengapresiasi sekali dengan adanya inivasi desa ini, tim dari provinsi juga mengatakan bahwa akan memberikan pembinaan langsung secara rutin dan akan dipaparkan 2 kali sekali pelaku usaha dan secara langsung kelapangan.

 

Dokumen Lampiran : SARIN TIING ( PIPET BAMBU)


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KALENDER BALI

Lokasi Kayuputih

tampilkan dalam peta lebih besar