Berantas Buta Aksara di Desa Kayuputih

I B KD BAYU SUARDIKA 24 Juni 2019 08:57:55 WITA

 Desa Kayuputih Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, adalah salah satu Desa yang Mempunyai masyarakat di bilang cukup banyak sekitar 5842 jiwa, dari sekian banyak masyarakat ada sebagian yang sama sekali belum bisa membaca dan menulis, sebagian besar adalah dari  kalangan masyarakat yang ber umur 50 – 60 yang bisa di sebut LANSIA dan  semua adalah perempuan.

 Untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat di Desa Kayuputih dan mengurangi angka/ penipuan, PEMDES ( Pemerintah Desa  Kayuputih ) menyelenggarakan dan membuka sekolah khusus bagi para Lansia yang Buta Aksara. Dari data yang di peroeh oleh kelian banjar dinas, ada sebayak 41 warga masyarakat Desa Kayuputih yang mempunyai kesulitan membaca ataupun menulis, dari ke 41 warga tersebut di antaranya adalah 30 dari Banjar Dinas Ideran, 6 dari Banjar Dinas Taman, 5 dari Banjar Dinas Desa.

Tenaga Pengajar yang mengajar dari ke 41 warga Masyarakat yang mengalami Buta Aksara tersebut ada sebanyak 4 orang dan ini semua dari Kalangan Masyrakat Desa Kayuputih. Menurut  ke 4 pengajar ini mengatakan, bahwa mereka semua sangat kesulitan untuk mengajar  para murid-muridnya karena semua di sebabkan karena pactor umur yang sudah lanjut usia, di samping itu beliao juga mengatakan bahwa butuh waktu yang lumayan  untuk bisa menulis dan membaca lagi karena ada kendala kendala yang menyulitkan pengajar untuk mengajarkan mereka menulis dan membaca, kendala itu di sebabkan Karen masyarakat lebih banyak mempunyai gangguan pemngelihatan, ada juga  yang sama sekali  memegang pulpen / pensil masih harus belajar karena tangan terlalu kaku.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KALENDER BALI

Lokasi Kayuputih

tampilkan dalam peta lebih besar